Mimpi Garuda Muda Kandas

Jakarta – Mimpi sepakbola Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan sirna. Pertandingan lanjutan babak perempat-final Piala Asia kategori U-19 2018, yang mempertemukan timnas Indonesia U-19 melawan timnas Jepang U-19, di menangkan oleh timnas Jepang U-19 dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (28/10).

Saat wasit meniup peluit jalannya pertandingan, kedua tim sudah memainkan tempo cepat. Saling jual beli serangan membuat laga semakin menarik. Penguasaan bola dengan kerjasama satu-dua sentuhan dipertontonkan keduanya. Alhasil banyak peluang yang tercipta di awal babak pertama.

Berstatus sebagai tuan rumah, membuat anak asuh Indra Syafri bisa mengimbangi permainan Jepang. Namun rapatnya barisan pertahanan tim tamu serta minimnya penyelesaian peluang di lini depan membuat serangan Indonesia kerap kali buntu, malah kubu tim tamu yang berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu.

Shunki Higashi yang bernomor punggung 2 melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak pinalti. Bola melesat kencang merobek pojok kiri atas gawang dikawal oleh Muhammad Riyandi, kiper tuan rumah. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, hujan mulai mengguyur stadion GBK. Namun permainan bola yang cepat dan keras diperlihatkan kedua tim. Di awal babak kedua, garuda muda mampu menguasai pertandingan dengan menciptakan beberapa peluang. Sayang, dewi fortuna belum merapat kepada Saddil Ramdani dkk.

Di menit ke 70 berawal dari serangan balik, pemain Jepang bernomor punggung 20, Taishei Miyashiro berhasil mencetak gol dengan tendangan datar ke gawang Indonesia. Setelah gol tersebut, tak ada lagi gol yang tercipta hingga laga berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan timnas Jepang atas timnas Indonesia.

Dalam laga ini, bintang timnas Indonesia yang bermain di tim Polandia Lechia Gdansk,Egy Maulana tidak bisa tampil karena mengalami cedera saat menghadapi UEA di fase grup Piala Asia U-19 2018.

Dengan hasil tersebut, timnas Jepang berhasil melangkahkan kakinya ke babak semifinal sekaligus mendapatkan tiket lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan. Sedangkan timnas Indonesia harus gugur di babak perempat-final dan dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia U-20 karena kandas di babak ini.

Usai pertandingan, pelatih Jepang U-19, Kageyama Masanaga mengatakan sangat bangga dengan perjuangan anak asuhnya. “Saya bangga dengan pemain saya, juga para staff yang mampu atur stamina pemain,” dikutip dari INDOSPORT.com

​​​​​​​​​Penulis: Riyan Jurnal’15

Editor: Yuli Jurnal’15

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *